Sabtu, November 14, 2009

21 Desember 2012 (Doomsday!!!)

http://pinguin-switdiari.blogspot.com

Tahun 2012 sudah diramalkan akan terjadinya kiamat. Entah itu ramalan dari suku Maya, para dukun, geofisika, dsb,...yang menyangkalnya hanya dari pihak Nasa, entah karena Nasa takut hal itu menjadi kecemasan seluruh warga dunia atau memang Nasa sudah memperkirakan tidak akan munculnya planet X atau yang bisa juga kita sebut planet Nibiru dengan segala rumusan-rumusannya.

Yang membuatku shock adalah, suku Maya telah memperkirakan kiamat sampai setanggal-tanggalnya. Berdasarkan kalender suku Maya (ini aku baca dari beberapa web yang sudah terlebih dahulu membahasnya), hari berakhirnya kehidupan duniawi adalah tanggal 21 Desember 2012, dan itu berarti seluruh bumi dan segala isinya akan hancur. Kenapa harus tanggal 21??? Tak ada yang tahu.

Mengingat jika saat itu datang, sehari sesudahnya, adalah hari raya sesudah 29 tahun kelahiranku, membuatku sedikit tidak rela. Walau aku percaya bahwa suatu saat hari kiamat itu memang akan tiba, yang waktunya masih menjadi rahasia sang pencipta. Dan yang menjadi tanda-tandanya akan datangnya hari itu, kalau tidak salah, diantaranya adalah matahari terbit dari barat, anak laki-laki menyukai berpakaian perempuan dan yang wanita menyukai pakaian laki-laki (kalau ini mah sudah sering kita temui yaaa...hihihiii...apalagi di kalangan selebritis kita), trus munculnya seekor binatang yang bisa berbicara dengan manusia. Setidaknya itu yang aku ketahui, kalau ada yang tahu lebih lengkapnya, bisa diinfokan melalui komen yah? Karena gimanapun info mengenai kiamat penting kita ketahui agar kita semakin mendekatkan diri denganNya, dan menghindarkan diri dari segala perbuatan pendzaliman alias kemaksiatan.

Ini ada artiket penyangkalan kiamat pada tanggal segitu oleh suku Maya sendiri, dimuat di webnya 'harian global' (setidaknya artikel ini bisa membuatku sedikit lega):

Tetua Suku Maya: Tahun 2012 Bukan Hari Kiamat E-mail
Written by Ari Julianto
Wednesday, 14 October 2009 09:31

Seorang tetua dari Suku Maya, Apolinario Chile Pixtun kerap diberikan pertanyaan bertubi-tubi seputar 'Kiamat 2012" dimana menurut kalender Maya pada 21/12/2012 dunia akan berakhir. Namun, dengan tegas dia menepis pernyataan tersebut.


Melansir pemberitaan Association Press, Selasa (13/10) diberitakan, tetua dari suku Maya ini merasa gerah dengan pernyataan tersebut. Terlebih-lebih dengan bakal munculnya film buatan Hollywood "2012" yang menggambarkan berbagai bencana menghantam Bumi termasuk gempa besar, meteor dan tsunami.


Chile Pixtun yang keturunan suku Maya Guatemala menegaskan, sejumlah teori terkait peristiwa 2012 itu adalah pernyataan yang dilontarkan orang Barat sendiri dan bukan dari suku Maya. Dia membenarkan bahwa menurut suku Maya, perhitungan kalender akan berakhir pada 21/12/2012. Akan tetapi, itu bukanlah akhir dari segala-galanya.


Nada serupa juga dilontarkan Jose Huchim, arkeolog Yucatan Maya, "Sewaktu saya pergi ke sejumlah komunitas suku Maya dan bertanya kepada mereka apa yang akan terjadi pada tahun 2012, mereka sama sekali tidak tahu. Kemudian, ketika saya menyatakan bahwa dunia akan kiamat. Mereka tidak memercayainya."


Peradaban Maya yang tercatat dari tahun 300 Masehi hingga 900 Masehi memiliki kemampuan astronomi yang luar biasa. Kalender mereka dimulai dari tahun 3114 SM menandai periode 394 tahun yang dikenal dengan nama Baktun. Angka 13 dianggap sakral oleh suku ini dan Baktun ke-13 berakhir sekitar 21 Desember 2012.


Selain itu tahun 3114 SM juga dianggap tahun yang akurat. Sebab, pada tanggal 13 Agustus 3113 Sebelum Masehi (SM) secara tepat dan akurat dikatakan sebagai awal dari peradaban manusia di bumi. Karena diperkirakan Dinasti Mesir I tercatat kira-kira pada 3100 SM, dan kota pertama, Uruk, di Mesopotamia, juga berdiri sekitar tahun 3100 SM. Angka ini juga bersamaan dengan berdirinya kerajaan Hindu Kali Yuga.


Dan yang paling menarik adalah, pembagian waktu menjadi 24 jam dari setiap 60 menit dan setiap menit menjadi 60 detik, termasuk satu buah lingkaran penuh adalah 360 derajat, juga ditemukan kira-kira 3100 SM, di Sumeria.


David Stuart, spesialis epigrafi Maya di University of Texas mengungkapkan, "Tanggal 21 Desember 2012 adalah peringatan penciptaan khusus. Suku Maya tidak pernah mengatakan dunia akan berakhir pada masa itu. Mereka juga tidak mengatakan hal-hal buruk atau bencana yang bakal terjadi pada hari itu. Mereka hanya mencatat peringatan Monumen Enam."

Ari Julianto | GLOBAL

Share on Facebook
Last Updated on Wednesday, 14 October 2009 09:37


Ditambah oleh pernyataan dari pihak Nasa (diambil dari sebuah web bernama vivanews yang juga tidak membenarkan akan rumor tersebut:



Jawaban NASA Soal Kiamat 2012
Isu 2012 kiamat seperti mengulang isu yang sama pada tahun 2000 atau Y2K. Tak terbukti.
Jum'at, 13 November 2009, 11:51 WIB
Elin Yunita Kristanti
Film '2012'

VIVAnews - Isu kiamat akan terjadi pada tahun 2012 menguak seiring munculnya film besutan Hollywood berjudul '2012' yang mulai hari ini, Jumat 13 November 2009, dilempar ke bioskop-bioskop.

Film tersebut dilatarbelakangi dugaan bahwa pada 21 Desember 2012, sesuai batas akhir penanggalan Bangsa Maya, akan terjadi kiamat.

Lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) pun angkat bicara menanggapi isu menggemparkan soal kiamat.

Menurut NASA, isu 2012 kiamat seperti mengulang isu yang sama pada tahun 2000 atau Y2K. Sama halnya dengan ramalan tak terbukti di tahun 2000, tak akan ada yang terjadi pada 2012.

Berikut jawaban ilmuwan NASA terhadap pertanyaan-pertanyaan seputar fenomena 2012:

T: Adakah ancaman terhadap bumi di tahun 2012? Banyak informasi di internet mengatakan kiamat akan terjadi pada Desember 2012?

J: Tidak akan ada hal buruk yang terjadi pada Bumi pada 2012. Planet Bumi sudah bertahan selama 4 miliar tahun. Para ilmuwan terpercaya mengetahui bahwa tak ada ancaman untuk bumi yang terkait '2012'

T: Bagaimana asal-usul ramalan kiamat akan terjadi pada 2012?

J: Isu kiamat berawal dari perkiraan ada sebuah planet bernama Nibiru, temuan Bangsa Sumeria, yang posisinya berhadap-hadapan dengan bumi. Bencana dahsyat sebenarnya diramalkan terjadi pada 2003, namun tak ada apa-apa yang terjadi sesuai ramalan.

Lalu, saat bencana dahsyat menurut ramalan bergeser ke Desember 2012. Dua ramalan itu terkait dengan satu putaran kalender milik Bangsa Maya dan adanya badai matahari (winter soltice) di tahun 2012. Dua hal itu yang melatarbelakangi adanya isu kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012.

T: Apakah kalender milik Bangsa Maya berakhir pada 2012?

J: Yah, sama halnya dengan kalender yang Anda pasang di dapur, waktu kan tak akan berhenti sampai tanggal 31 Desember.

Kalender Maya, sama, tidak berarti waktu berhenti pada 21 Desember 2012. Memang, tanggal itu adalah akhir dari periode panjang kalender Maya. Tapi seperti halnya kalender Masehi yang dimulai tiap 1 Januari. Periode kalender Maya juga akan dimulai lagi.

T: Benarkah ada planet bernama Nibiru atau Planet X atau Planet Eris yang kemudian akan mendekat ke bumi dan mengakibatkan kehancuran?

J: Nibiru atau cerita lain soal planet liar adalah cerita bohong (hoax). Tidak ada dasar ilmiah dan faktual yang jadi dasar klaim tersebut. Jika Nibiru atau planet X itu nyata dan berhadap-hadapan dengan bumi pada 2012, para astronom seharusnya bisa melacak itu sejak lama.

Planet itu seharusnya juga bisa kita lihat sekarang dengan mata telanjang. Kenyataannya, tidak.

Planet Eris memang nyata, tapi itu adalah planet kerdil, sekecil Pluto yang masih berada di luar sistem tata surya kita. Perkiraan jarak terdekat planet itu dengan bumi adalah 4 miliar mil.


Tuuu kan sedikit lebih lega. Heheee, semua orang pasti akan takut kalau sudah mengetahui kapan kita 'harus' mati. Apalagi kalau uda tau tanggalnya kayak gitu. Tapi setidaknya sudah ada dua pernyataan penyangkalan soal kiamat-kiamatan ini, sehingga membuat hati kita tenang dan bisa menjalani hidup ini seperti biasa tanpa terus berpikir, "Duuuh, bentar lagi 2012 nih.", apalagi gue..."Duh, ga sempat ultah ke 29 dah gue!"

Yang
terpenting adalah, jadi atau tidaknya kiamat pada tanggal 21 Desember 2012, kita tetap menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat dan berhenti mendzalimi sesama kita. Mulailah hidup rukun satu sama lainnya sampai saat itu tiba. Mulailah memberi makan dan minum kepada mereka yang membutuhkannya, walaupun hanya seekor binatang (yang haram sekalipun). Persiapkanlah diri masing-masing untuk menghadapNya suatu saat nanti.

1 komentar: