Jumat, Oktober 30, 2009

Rasa sesal

Ada seekor anak kucing dibuang di muka rumahku.Sepanjang malam mengeong tak henti,berjalan tak tentu arah sampai di persinggahan terakhirnya yaitu di belakang rumahku (benar-benar persinggahan terakhirnya).

Pagi hari yang cerah aku mandi keramas,blow rambutku yang masih basah,masih pula kudengar suara kucing yang mengeong itu.Aku mengintipnya dari teras atas kamarku,anak kucing itu terus mengeong,mondar mandir mencari induknya.

Tergerak hatiku ingin memungutny,namun kemudian kuurungkan niatku itu mengingat papaku sedikit terganggu dengan hadirnya banyak kucing di halaman rumahku.Saat itu juga kebetulan ada ibu-ibu gendut bersepeda motor yang sedang melihat rumah kontrakan nenekku.

Masih mondar-mandir ga jelas antara mau mengambil naik anak kucing itu atau hanya sekedar mencarikannya wadah untuk mengantarkanny susu demi menyelamatkan sedikit dari rasa lapar,aku dengar suara gaduh dari luar.

Ibu gendut itu sibuk minta-minta maaf pada mami,mendadak jantungku berhenti berdetak melihat sang anak kucing yang sudah tergelepar tak berdaya tepat di belakang ban motor si ibu gendut.Sontak aku ambil langkah seribu menuju TKP.Dengan tangan gemetar aku ambil anak kucing yang masih kejang-kejang mengeluarkan darah terus-terusan dari mulutnya.Ternyata ia terlindas tepat di lehernya.

Walau rasa tak mungkin,pertolongan pertama tetap kami coba lakukan dengan meminumkannya cairan tulang harimau,namun apa daya anak kucing itu menghembuskan nafas untuk yang terakhir kalinya.Air mataku tak berhenti mengalir karenanya,diselimuti rasa sesal yang begitu mendalam.

Penuh kata 'seaindainya' dalam hati.Seandainya saja aku tegas,langsung membawanya naik tanpa banyak pikiran antara sebab-akibat.Seandainya saja aku tak terlalu memikirkan ucapan orang atas perbuatan baik yang aku lakukan.Seandainya saja aku selalu mengikuti hati nuraniku,mungkin aku tak pernah menyesal.

Kami menguburkan anak kucing itu di dekat kuburan Kitty dan adik tiri Kitty yang belang tiga loreng.Kali ini adalah kematian tragis kucing yang pernah aku saksikan.Bukan hanya tragis baginya,tapi juga tragis bagi hatiku,sakiiit banget,mungkin juga tragis bagi ibu-ibu gendut tadi karena tanpa sengaja telah menjadikannya seorang pembunuh.

Kadang aku berpikir,mungkinkah Tuhan ingin menghukumku atas dosa-dosa yang pernah aku perbuat sehingga membuatku menjadi orang yang yang selalu mengambil keputusan yang salah yang membuatku menjadi sangat menyesal.Apalagi tadi malam seorang rekanku yang datang berkunjung ke rumahku mendoakanku agar mendapatkan rezeki yang banyak karena suka memberi makan kucing,ketika melihat banyak kucing di rumahku,ternyata hari ini seekor anak kucing malah mati tragis di sekitar rumahku.Ya Allah,maafkanlah aku,jangan buat aku merasa menyesal lagi karena sesuatu hal,jangan hukum aku seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar